Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman SKI Kelas 4 Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yasrib ~ ustadzmu.com

Rangkuman SKI Kelas 4 Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yasrib ~ ustadzmu.com. Pembaca Ustadzmu.com, kembali Ustadzmu sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV SD/MI. Kali ini Ustadzmu sajikan rangkuman SKI kelas 4 Semester II (Semester Genap) Bab VII yang membahas tentang Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yasrib (kadang ditulis juga dengan Yatsrib).
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran SKI Kelas 4 Bab 6 Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yasrib
Rangkuman atau ringkasan ini cocok untuk dibaca adik-adik kelas IV SD/MI. Bahkan juga pas untuk orang tua wali murid dalam menemani anak-anaknya belajar atau untuk kakak-kakak yang sedang browsing internet mencarikan rangkuman SKI Kelas 4 Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yasrib untuk adik-adiknya.
Catatan:
SAW: Shallallahu 'alaihi wa sallam
Perlu pembaca Ustadzmu ketahui, bahwa SKI kelas 4 Bab Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yasrib meliputi tiga pembahasan, yaitu:
A. Sebab-sebab Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yasrib
B. Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yasrib
C. Hikmah Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yasrib

Rangkuman SKI Kelas IV Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yasrib

1. Sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Yasrib adalah:
a. Allah Perintah Swt. untuk berhijrah ke Yasrib
b. Tekanan kaum kafir Quraisy
c. Adanya jaminan keamanan dari pendudu Yasrib.
d. Permintaan penduduk Yasrib agar Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Negeri Yasrib.

2. Di Darun-Nadwah para pemimpin suku kafir Quraisy berkumpul dan bermusyawarah.
Musyawarah itu menghasilkan keputusan bahwa untuk menghentikan dakwah Nabi Muhammad Saw., mereka mengutus lima orang pemuda yang gagah perkasa dan berani untuk membunuh Rasulullah Saw. Barang siapa dapat melakukannya akan diberi hadiah 1000 dinar.

3. Sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw. yang menyertai hijrah ke Yasrib antara lain Abu Bakar, Ali, Fatimah, Umu Kultsum, Saudah, Umu Aiman, Usamah, Umu Ruman, Aisyah, Asma’ dan Abdullah.

4. Nabi Muhammad Saw. mengatasi ancaman kaum kafir Quraisy dengan bersembunyi di Gua Tsur, menyamar sebagai penunjuk jalan, dan meminta perlindungan dari Allah Swt.

5. Hikmah yang terkandung dalam peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yasrib, antara lain bertambah kecintaan kaum muslimin terhadap Islam, bertambah kekuatan kaum muslimin, dakwah membutuhkan keadaan yang mendukung, setiap kebenaran akan mendatangkan kemenangan, dan peristiwa hijrah dijadikan dasar permulaan tahun baru Islam tahun hijrah

Demikian postingan Ustadzmu.com yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV SD/MI Bab 7 yang membahas tentang Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yasrib. Rangkuman Ustadzmu rujuk dari Buku SKI Kelas IV MI. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Ustadzmu yang lainnya.

Post a Comment for "Rangkuman SKI Kelas 4 Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yasrib ~ ustadzmu.com"