Rangkuman Fikih Kelas 12 Bab Jihad fi Sabilillah dan Imarah

0

Rangkuman Fikih Kelas 12 Bab Jihad fi Sabilillah dan Imarah. Pembaca ustadzmu.com, berikut ini kami sajikan Rangkuman mata pelajaran Pendidikan Fikih atau ada yang menyebut Ibadah kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK Muhammadiyah yang merupakan sub mata pelajaran Al-Islam. Rangkuman Fikih kelas 12 kali ini meringkas Bab Jihad fi Sabilillah dan Imarah yang merupakan materi Fikih Ibadah semester genap. Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat.

Rangkuman Fikih Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK Bab Jihad fi Sabilillah dan Imarah


> Secara bahasa jihad berasal dari kata jahada (جهد) yang artinya sungguh-sungguh


> Secara istilah jihad berarti perjuangan secara sungguh-sungguh dengan mengerahkan segala potensi yang ada baik harta, pikiran, maupun tenaga sesuai dengan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala


> Dalil yang memuat tentang jihad terdapat dalam Al-Quran surat al-Ankabut ayat 69 dan surat at-Taubah ayat 122


> Bentuk-bentuk jihad dapat berupa:

- Jihadun nafsi (jihad hawa nafsu)

- Jihadus syaithon (jihad melawan setan)

- Jihadul kuffar (jihad melawan kezaliman orang kafir)


> Sebagai seorang pelajar, jihad dapat dilakukan dengan jalan belajar sungguh-sungguh dan melawan rasa malas

> Imarah berasal dari kata amara (أمر) yang berarti memerintah, uang selanjutnya imarah berarti pemerintah


> Imarah memiliki fungsi untuk menjalankan kehidupan bernegara sesuai dengan syariat Islam yang membawa pada terciptanya masyarakat yang adil makmur sejahtera.


> Berkaitan dengan kehidupan bernegara Muhammadiyah memegang teguh dan berkomitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)


> Muhammadiyah mencetuskan gagasan darul 'ahdi wasy-syahadah (teks) yaitu gagasan yang menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara Pancasila yang merupakan hasil kesepakatan nasional dan tempat pembuktian atau kesaksian untuk menjadi negeri yang aman dan damai menuju kehidupan yang maju, adil, makmur, bermartabat, dan berdaulat dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala.


> Asas imarah dalam Islam:

- Asas konstitusional

- Asas musyawarah

- Asas keadilan

- Asas persamaan

- Asas kebebasan

- Asas pertanggung jawaban kepala negara

Demikian postingan ustadzmu.com tentang Rangkuman Fikih/Ibadah Kelas 12 Bab Jihad fi Sabilillah dan Imarah. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di atas dan bawah postingan ini. Semangat belajar!

Baca juga:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)