Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal IPS Kelas 7 dan Jawabannya Bab 1 Manusia, Tempat, dan Lingkungan (IPS Kelas VII SMP/MTs) ~ Part 1

Contoh Soal IPS Kelas 7 dan Jawabannya Bab 1 Manusia, Tempat, dan Lingkungan (IPS Kelas VII SMP/MTs) ~ Part 1. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal dan jawaban atau pembahasannya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP/MTs. Kali ini kita bahas soal-soal Bab 1 yang membahas tentang Manusia, Tempat, dan Lingkungan.
Contoh Soal IPS Kelas 7 SMP Bab 1, Contoh Soal IPS Kelas 7 MTs Bab 1, Contoh Soal IPS Kelas 7 SMP dan MTs Bab 1, Contoh Soal IPS Kelas 7 dan Jawabannya Bab 1 Manusia, Tempat, dan Lingkungan

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi, share ke teman-teman kalian dengan membagikan lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan lainnya. Cukup dengan klik tombol share media sosial yang ada di bawah postingan ini. Terimakasih dan selamat belajar.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian ruang!

Jawaban:
Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian.
Suatu gejala atau peristiwa pada suatu ruang ttidak berdiri sendiri, tetapi akan terkait dengan gejala atau peristiwa pada ruang lainnya. Selain dengan ruang, peristiwa atau gejala juga terkait dengan waktu.

2. Letak dan geografis Indonesia sangat menguntungkan. Jelaskan letak Indonesia secara astronomis dan geografisnya!

Jawaban:
Secara astronomis, Indonesia berada pada daerah tropis sehingga memiliki iklim tropis dengan suhu dan curah hujan yang tinggi. 

Secara Geografis, Indonesia berada pada jalur lalu lintas perdagangan dunia antara negara-negara dari Asia Timur dengan negara-negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan India.

3. Jelaskan bagaimana bentuk muka bumi Indonesia!

Jawaban:
Indonesia terdiri atas belasan ribu pulau dengan bentuk muka bumi yang beragam dari dataran rendah, perbukitan, dataran tinggi, gunung sampai pegunungan. Setiap bentuk muka bumi tersebut memiliki ciri yang berbeda antara satu dan lainnya serta membentuk ragam aktivitas penduduknya.

4. Ada berapa macam corak fauna Indonesia? Sebutkan!

Jawaban:
Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna (keanekaragaman hayati) yang sangat tinggi. Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga corak yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur.

5. Sebutkan tahap-tahap perkembangan kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia atau masa Praaksara!

Jawaban:
Perkembangan kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia atau masa Praaksara berlangsung melalui beberapa tahap. Tahap-tahap tersebut dibagi menjadi:
- masa berburu dan mengumpulkan makanan
- masa bercocok tanam
-  masa perundagian

6. Bagaimanakah kehidupan manusia masa berburu dan mengumpulkan makanan?

Jawaban:
Manusia masa berburu dan mengumpulkan makanan, dari sejak Pithecanthropus sampai dengan manusia Wajak, mengalami kehidupan yang sangat bergantung pada kondisi alam.

7. Berkaitan dengan tempat tinggalnya, bagaimanakah keadaan manusia pada masa bercocok tanam?

Jawaban:
Pada masa bercocok tanam, manusia mulai hidup menetap di suatu perkampungan yang terdiri atas tempat-tempat tinggal sederhana yang didiami secara berkelompok oleh beberapa keluarga.

8. Manusia Praaksara ras  apakah yang hidup pada masa perundagian?

Jawaban: Manusia Praaksara yang hidup pada masa perundagian adalah ras Australomelanesoid dan Mongoloid

9. Bagaimanakah kehidupan masyarakat pada masa perundagian dapat dikenali?

Jawaban:
Kehidupan masyarakat pada masa perundagian ditandai dengan dikenalnya pengolahan logam.

10. Sebelum masuknya kebudayaan Hindu dan Buddha, masyarakat Indonesia telah memiliki kebudayaan yang cukup maju.
Bagaimanakah kondisi masyarakat Indonesia berkaitan dengan kepercayaannya sebelum masuknya Hindu-Buddha? Apa pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia?

Jawaban:
Sebelum kebudayaan Hindu-Buddha datang, di Indonesia telah berkembang kepercayaan yang berupa pemujaan terhadap roh nenek moyang. Masuknya kebudayaan Hindu-Buddha menjadikan masyarakat Indonesia mengenal aturan kasta.

Post a Comment for "Contoh Soal IPS Kelas 7 dan Jawabannya Bab 1 Manusia, Tempat, dan Lingkungan (IPS Kelas VII SMP/MTs) ~ Part 1"