Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Biologi Kelas XI Bab Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Pencernaan ~ Part 1 (Biologi kelas XI SMA/MA)

Contoh Soal Biologi Kelas XI Bab Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Pencernaan  ~ Part 1 (Biologi kelas XI SMA/MA). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal dan jawaban atau pembahasannya mata pelajaran biologi kelas XI. Jadi bagi adik-adik yang masih duduk di kelas 11 contoh soal dan pembahasannya berikut cocok untuk dibaca dan dipelajari serta dipahami.
Pada postingan kali ini kita bahas bab Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Pencernaan. Karena agak panjang, maka kami bagi dua. Ini adalah bagian pertama (Part 1).

Semoga bermanfaat dan membantu memberikan kemudahan adik-adik semuanya, khususnya kelas XI yang sedang belajar di rumah. Selamat membaca dan mempelajari, jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Berdasarkan prosesnya, pencernaan makanan dapat dibedakan menjadi dua macam, sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:
Berdasarkan prosesnya, pencernaan makanan dapat dibedakan menjadi dua macam seperti berikut:
1. Proses mekanis, yaitu pengunyahan oleh gigi dengan dibantu
lidah serta peremasan yang terjadi di lambung.
2. Proses kimiawi, yaitu pelarutan dan pemecahan makanan oleh enzim-enzim pencernaan dengan mengubah makanan yang bermolekul besar menjadi molekul yang berukuran kecil.

2. Dalam sistem pencernaan, dimanakah makanan mengalami proses pencernaan?

Jawaban:

Makanan mengalami proses pencernaan sejak makanan berada di dalam mulut hingga proses pengeluaran sisa-sisa makanan hasil pencernaan.

3. Sebutkan istilah-istilah yang meliputi tentang proses pencernaan makanan!

Jawaban:

Proses pencernaan makanan meliputi hal-hal  berikut.
1. Ingesti: pemasukan makanan ke dalam tubuh melalui mulut.
2. Mastikasi: proses mengunyah makanan oleh gigi.
3. Deglutisi: proses menelan makanan di kerongkongan.
4. Digesti: pengubahan makanan menjadi molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim, terdapat di lambung
5. Absorpsi: proses penyerapan, terjadi di usus halus.
6. Defekasi: pengeluaran sisa makanan yang sudah tidak berguna untuk tubuh melalui annus.

4. Sebutkan alat-alat pencernaan yang diperlukan dalam melakukan proses-proses pencernaan makanan! Jelaskan salah satu saja dari alat-alat pencernaan tersebut!

Jawaban:

Saat melakukan proses-proses pencernaan makanan diperlukan serangkaian alat-alat pencernaan sebagai berikut: Mulut, Kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar.

Mulut
Makanan pertama kali masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Makanan ini mulai dicerna secara mekanis dan kimiawi. Di dalam mulut terdapat beberapa alat yang berperan dalam proses pencernaan yaitu gigi, lidah, dan kelenjar ludah (glandula salivales).

5. Sebutkan alat-alat yang berperan dalam proses pencernaan makanan di dalam mulut serta jelaskan fungsinya masing-masing!

Jawaban:

Di dalam mulut terdapat beberapa alat yang berperan dalam proses pencernaan yaitu gigi, lidah, dan kelenjar ludah (glandula salivales).

a. Gigi: Pada manusia, gigi berfungsi sebagai alat pencernaan mekanis. Di sini, gigi membantu memecah makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Hal ini akan membantu enzim-enzim pencernaan agar dapat mencerna makanan lebih efisien dan cepat.

b. Lidah: Lidah dalam sistem pencernaan berfungsi untuk membantu mencampur dan menelan makanan, mempertahankan
makanan agar berada di antara gigi-gigi atas dan bawah saat makanan dikunyah serta sebagai alat perasa makanan.
Lidah dapat berfungsi sebagai alat perasa makanan karena mengandung banyak reseptor pengecap atau perasa. Lidah tersusun atas otot lurik dan permukaannya dilapisi dengan lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjar lendir (mukosa).

c. Kelenjar ludah: Terdapat tiga pasang kelenjar ludah di dalam rongga mulut, yaitu glandula parotis, glandula submaksilaris, dan glandula sublingualis atau glandula submandibularis.
Air ludah berperan penting dalam proses perubahan zat makanan secara kimiawi yang terjadi di dalam mulut. Setelah makanan dilumatkan secara mekanis oleh gigi, air ludah berperan secara kimiawi dalam proses membasahi dan membuat makanan menjadi lembek agar mudah ditelan. Ludah terdiri atas air (99%) dan enzim amilase. Enzim ini menguraikan pati dalam makanan menjadi gula sederhana (glukosa dan maltosa). Makanan yang telah dilumatkan dengan dikunyah dan dilunakkan di dalam mulut oleh air liur disebut bolus.
Bolus ini diteruskan ke sistem pencernaan selanjutnya.

Bagain kedua dapat di baca pada postingan berjudul: Contoh Soal Biologi Kelas Xi Dan Jawabannya Bab Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan Pada Sistem Pencernaan ~Part 2

Post a Comment for "Contoh Soal Biologi Kelas XI Bab Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Pencernaan ~ Part 1 (Biologi kelas XI SMA/MA)"