Contoh Soal Biologi Kelas XI Bab Sistem Pencernaan Makanan ~ Pembahasan Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang (Biologi Kelas XI SMA/MA)

0
Contoh Soal Biologi Kelas XI Bab Sistem Pencernaan Makanan ~ Pembahasan Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang (Biologi Kelas XI SMA/MA). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal jawab ringan mata pelajaran Biologi kelas XI SMA/MA Bab Sistem Pencernaan Makanan.

Pada contoh soal dan jawaban Biologi ini khusus membahas bagian Pembahasan Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang. Silahkan dibaca, dipelajari, dan jangan lupa berbagi lewat WhatsaApp, Facebook, atau Twitter dan lainnya. Semoga contoh soal dan jawaban ini dapat ikut menemani Pembelajaran Jarak Jauh Anda selama pandemi Covid-19 belum benar-benar hilang dari bumi Indonesia ini khususnya, dan seluruh bumi tentunya.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Kenapa zat makanan disebut juga biomolekul?

Jawaban:
Zat makanan disebut juga biomolekul karena merupakan senyawa atau molekul kimia yang dibutuhkan untuk dapat hidup dengan baik (bio = hidup; molekul = senyawa).

2. Jelaskan pengertian zat makanan makro dan mikro beserta contohnya!

Jawaban:
Zat makanan dapat dikelompokkan menurut jumlah yang dibutuhkan oleh makhluk hidup yaitu zat makanan makro dan zat makanan mikro.
- Zat makanan makro, yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar, antara lain berupa karbohidrat, protein, lemak, dan air.
- Zat makanan mikro, yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit, antara lain berupa vitamin dan mineral.

3. Karbohidrat merupakan salah satu zat makanan penghasil tenaga. Sebutkan fungsi dari karbohidrat?

Jawaban:
Karbohidrat mempunyai beberapa fungsi bagi tubuh antara lain sebagai berikut:
a. Sumber energi utama dan tidak dapat diganti dengan sumber energi yang lain pada beberapa organ, yaitu otak, lensa mata, dan sel saraf.
b. Menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.
c. Membantu proses penyerapan kalsium.
d. Bahan pembentuk senyawa kimia yang lain, misalnya lemak dan protein.
e. Berperan penting dalam penurunan sifat, misalnya karbohidrat dengan atom C lima buah merupakan komponen asam nukleat (DNA, RNA).

4. Jika diuraikan, terdiri dari unsur apa sajakah karbohidrat itu?

Jawaban:
Jika diuraikan, ternyata karbohidrat hanya terdiri dari 3 unsur, yaitu karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O).
Senyawa yang termasuk karbohidrat sangat banyak mulai dari senyawa sederhana hingga senyawa dengan berat molekul 500.000 atau lebih.

5. Apa yang terjadi pada makanan dalam saluran pencernaan?

Jawaban:
Dalam saluran pencernaan makanan mengalami reaksi biokimia. Makanan yang merupakan molekul berukuran besar dipecah menjadi molekul-molekul yang lebih kecil dengan penambahan air. Reaksi tersebut dinamakan hidrolisis.

6. Mengapa penderita diabetes dianjurkan makan kentang?

Jawaban:
Beras dan kentang merupakan sumber karbohidrat, tetapi keduanya mempunyai perbedaan.
Beras mempunyai kandungan glukosa lebih besar tetapi kurang serat, sedangkan kentang lebih banyak mengandung serat tetapi kandungan glukosanya rendah.
Itulah sebabnya mengapa penderita penyakit gula (diabetes mellitus) disarankan mengonsumsi kentang dan diet nasi.
Atau jika ada yang lebih baik sebagai alternatif pengganti kentang ada, maka lebih baik gunakan penggantinya tersebut. Tentu saja sambil konsultasikan ke dokter yang lebih ahli dalam hal ini.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)