Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal PPKn Kelas 8 Bab Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan (PPKn Kelas VIII SMP/MTs)

Contoh Soal PPKn Kelas 8 Bab Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan (PPKn Kelas VIII SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, khususnya adik-adik yang masih duduk di bangku kelas 8 SMP/MTs, ikut membantu adik-adik belajar di rumah, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal dan jawabannya untuk mata pelajaran PPKn. Kali ini kita membahas Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan.

Pada Bab ini kita mempelajari beberapa materi yaitu: Makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan, Arti penting kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan, Peran Tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan nasional.

Selamat dan semangat belajar, semoga bermanfaat. Dan....jangan lupa berbagi sahre ke teman-teman, tetangga, dan yang lainnya. Cukup tombol share atau berbagi yang ada di bawah artikel ini. Bisa berbagi ke Twitter, Facebook, WhatsApp, dan lain-lainyya. Semoga manfaatnya semakin meluas.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jauh sebelum kebangkitan nasional tahun 1908, banyak berdatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia. Awal mula kedatangan mereka adalah berdagang dan mencari rempa-rempa. Kemudian lama-kelamaan mereka ingin menguasai nusantara yang akhirnya melakukan penjajahan. Jelaskan awal mula kedatangan bangsa Eropa ke nusantara!

Jawaban:

Bangsa Eropa yang pertama datang ke Indonesia dalah Portugis. Portugis pertama kali mendarat di Maluku pada tahun 1512 di bawah pimpinan Antinio d’ Abreau. Tatkala Portugis datang, di Maluku sedang terjadi persaingan antara Kerajaan Ternate dan Kerajaan Tidore. Portugis memanfaatkan keadaan tersebut untuk menguasai wilayah Maluku.

Kemudian setelah berlangsung beberapa lama, datanglah Belanda di bawah pimpinan Cornelis de Houtman. Tanggal 20 Maret 1602, Belanda mendirikan kongsi dagang yang diberinama VOC (Vereenigde Oost Indische  Compagnie yang berkedudukan di Batavia atau yang sekarang menjadi Jakarta. Inilah awal dari penderitaan rakyat Indonesia. Selama berdiri VOC mengeruk berbagai macam kekayaan yang ada di Indonesia untuk dimilikinya. Sedangkan rakyat Indonesia mereka suruh Kerja Rodi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

2. Jelaskan mengapa bangsa Indonesia sulit mengalahkan para penjajah sebelum era kebangkitan Nasional 1908!

Jawaban:

Perlawanan-perlawanan yang dilakukan bangsa Indonesia melawan penjajah sebelum kebangkitan nasional tidak membuahkan hasil yang diinginkan dan optimal dalam artian mengalami kekalahan, hal ini dikarenakan perlawanan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia pada waktu itu bersifat kedaerahan belum ada persatuan secara menyeluruh.

3. Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, bangsa Indonesia bangkit dan bisa mengusir para penjajah. Jelaskan apa yang melatar belakangi kebangkitan nasional dalam melawan penjajah!

Jawaban:

Kekalahan yang terus menerus ketika melakukan perlawanan terhadap para penjajah membuat bangsa Indonesia menyadari perlu adanya strategi yang baru dalam melakukan perlawanan terhadap para penjajah itu. Perlawanan tidak terus menerus dilakukan dengan perang yang banyak menimbulkan jatuhnya korban jiwa, tetapi melalui sebuah wadah yang diberi nama organisasi sehingga pada tanggal 20 Mei 1908 dibentuklah organisasi Budi Utomo sebagai sebuah organisasi yang mempelopori gerakan nasional Indonesia.

4. Sebutkan organisasi-organisasi yang menjadi pelopor pergerakan nasional! Jelasakan secara ringkas masing-masing organisasi tersebut!

Jawaban:

Berikut ini adalah organisasi-organisasi yang menjadi pelopor pergerakan nasional: 

- Budi Utomo

Organisasi Budi Utomo didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 di Gedung STOVIA Jakarta. Tanggal ini juga dijadikan sebagai hari kebangkitan nasional. Pendiri dari organisasi Budi Utomo adalah dr. Wahidin Sudiro Husodo. Arti dari Budi Utomo adalah budi yang utama.

- Sarekat Islam

Sarekat Islam ini berasal dari SDI (Sarekat Dagang Islam). Pendiri dari SDI adalah Haji Samanhudi, seorang saudagar batik dari Laweyan, Surakarta. Tujuan awal didirikan SDI adalah membela kepentingan para pedagang Indonesia dari ancaman persaingan dengan para pedagang yang berasal dari China. SDI disebut gerakan yang nasionalis, religius, dan ekonomis.

Pada tanggal 12 Agustus 1912 SDI mendapatkan skors dari residen Surakarta karena dianggap berbahaya oleh Pemerintah HIndia-Belanda. Akan tetapi tuduhan itu tidak terbukti, maka pada tanggal 26 Agustus 1912 skorssing itu dicabut. H O S Cokroaminotomengusulkan supaya jangkauan SDI tidak hanya dikhususkan untuk para pedagang tetapi bisa juga untuk umum, tujuannya supaya jangkauan SDI itu lebih luas. Usulan itu disetujui, tanggal 10 September 1912 di Surabaya nama SDI resmi dirubah menjadi SI (Sarekat Islam).

- Indische Partij (IP)

Indische Partij didirikan di Bandung pada tanggal 25 Desember 1912 oleh Tiga Serangkai yang terdiri dari Dowes Dekker, dr. Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara). Tujuan dari Indische Partij adalah Indonesia Merdeka. Adapun cita-citanya ialah menyatukan semua golongan yang ada di Indonesia

- Organisasi Keagamaan

A. Muhammadiyah

Muhammadiyah didrikan di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912 oleh Kiai Ahmad Dahlan. Asas perjuangan Muhammadiyah adalah Islam dan kebangsaan Indonesia, sifatnya nonpolitik. Muhammadiyah bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial menuju tercapainya kebahagiaan lahir batin.

B. Nahdatul Ulama (NU)

Organisasi Nahdatu Ulama (Kebangkitan Ulama) didirak oleh KH. Hasyim Asy'ari yang berasal dari Pondok Pesantren Tebu Ireng pada tanggal 31 Januari 1926 di Surabaya, Jawa Timur. Organisasi NU ini bersifat nonpolitik dan memusatkan kegiatannya dalam bidang agama, pendidikan, sosial, dan budaya. Adapun tujuannya yaitu mencerdaskan umat islam dan menegakan syariat islam berlandaskan Madzhab Imam Syafi'i. Tahun 1946 NU menjadi partai politik yang berasaskan Islam.

C. Pergerakan Tarbiyah Islamiah (Perti)

Organisasi ini didirikan oleh Syekh Sulaiman ar-Rusli pada tahun 1928 di Minangkabau. Tujuannya adalah meningkatkan kecerdasan dan persatuan umat islam.

D. Majelis Islam A'la Indonesia (MIAI)

MIAI merupakan organisasi gabungan dai Muhammadiyah, NU, PSII, Al-Irsyad, Persis, Persatuan Ulama Indonesia, Al-Washiliyyah, Al-Islam, dan Parmusi. Didirikan pada tahun 1937 di Surabaya, Jawa Timur. Pengurus dari MIAI adalah K.H.A Wahid Hasyim, Mas Mansyur, Wondoamiseno, Sukirman, dan Sastrodiwiryo.

- Organisai Pemuda

A. Organisasi Pemuda yang Bersifat Kedaerahan:
1. Jong Java (1918)
2. Jong Sumatranen Bond (1917)
3. Jong Ambon (1918)
4. Jong Minahasa dan Jong Celebes (1919)
5. Jong Islamieten Bond (1925)

B. Organisasi Pemuda yang Bersifat Nasional:
1. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) didirikan pada tahun 1926
2. Pemuda Indonesi (1927)

5. Jelaskan pengertian persatuan dan kesatuan serta pegertian persatuan Indonesia!

Jawaban:Persatuan dan kesatuan itu berasal dari kata "satu" yang memiliki arti utuh dan tidak pecah belah.
Makna dari persatuan adalah terikatnya beberapa bagian menjadi sebuah satu kesatuan.
Adapun kesatuan mempunyai arti keadaan atau kondisi yang merupakan satu keutuhan.
Sedang persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang tinggal di daerah Indonesia.

6. Seperti apakah konsep kesatuan yang dianut oleh negara Indonesia?

Jawaban:Konsep kesatuan yang dianut oleh negara Indonesia meliputi aspek alamiah (konsep kewilayahan) dan aspek sosial (politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan, dan keamanan). Kesatuan wilayah itu meliputi seluruh wilayah baik darat, laut, ataupun udara. Kebulatan ini sesuai dengan politik kewilayahan yang kita anut yaitu Wawasan Nusantara.

7. Jelaskan pengertian Wawasan Nusantara!

Jawaban:Wawasan Nusantara itu adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri serta lingkungannya berdasarkan Pancasial dan UUD 1945. Di dalam pelaksanaannya Wawasan Nusantara menegedepankan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan (perbedaan) demi tercapainya tujuan nasional. Perbedaan itu dipandang sebagai sebuah kekayaan bangsa dan wilayah Indonesia dipandang sebagai kesatuan wilayah. 

8. Sebutkan tujuan dari Wawasan Nusantara !

Jawaban:Wawasan Nusantara mempunyai dua tujuan, yaitu:
1. Tujuan Nasional, yang bisa kita kihat di dalam Pembukaan UUD 1945

2. Tujuan ke dalam, yaitu mewujudkan kesatuan seluruh aspek kehidupan.

9. Apa fungsi dari Wawasan Nusantara?

Jawaban:
Wawasan Nusantara memeiliki fungsi sebagaimana berikut ini:
1. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai konsepsi ketahanan nasional

2. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai wawasan pembangunan yang mencakup kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, serta kesatuan pertahanan dan keamanan.

3. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara.

4. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai wawasan kewilayahan.

10. Sebutkan tahapan-tahapan pembinaan persatuan bangsa Indonesia!

Jawaban:Tahapan-tahapan pembinaan persatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Kesadaran Nasional akan Persatuan dan Kesatuan Bangsa
2. Kebangkitan Nasional Tahun 1908
3. Sumpah Pemuda 1928
4. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945


11. Sebutkan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung di dalam UUD 1945 adalah sebagai berikut :

Jawaban:a. Nilai Religius
b. Nilai Kemanusiaan
c. Nilai Produktivitas
d. Nilai Keseimbangan
e. Nilai Demokrasi
f. Nilai Kesamaan Derajat
g. Nilai Ketahanan Hukum


12. Sebutkan perwujudan konsep kesatuan bangsa di dalam aspek sosial!

Jawaban:

Kesatuan bangsa dalam aspek sosial diwujudkan dalam berbagai aspek kehidupan berikut :
a. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Politik
b. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Ekonomi
c. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Sosial Budaya
d. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Pertahanan Keamanan


13. Kenapa kita harus merasa bangga sebagai Bangsa Indonesia?

Jawaban:Kita harus merasa bangga menjadi bangsa Indonesia karena negara Indonesia ini merupakan tanah tempat dimana kita dilahirkan ke muka bumi. Oleh sebab itu, maka kita harus berusaha dengan sekuat tenaga kita untuk mempertahankan NKRI ini. Persatuan dan kesatuan merupakan modal utama untuk tetap utuh dan tegaknya NKRI. Sebaliknya perpecahan dan permusuhan adalah modal utama untuk kehancuran NKRI tercinta ini

Kita juga bangga bahwa NKRI adalah negara yang kaya raya dari berbagai aspek.

14. Sebutkan contoh keunggulan atau aneka ragam kekayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)!

Jawaban:
Diantara keunggulan atau aneka ragam kekayaan NKRI adalah sebagai berikut : 
- Memiliki jumlah penduduk dan potensi yang cukup besar
- Memiliki banyak sekali keanekaragaman
- Dalam pengembangan wilayah, kita memiliki konsep Wawasan Nusantara
- Semangat Sumpah Pemuda yang selalu memasuki jiwa dan kalbu Bangsa Indonesia
- Memiliki Tatakrama dan keramahtamahan
- Letak wilayah yang sangat strategis
- Memiliki keindahan alam yang indah nan mempesona
-  Memiliki wilayah yang sangat luas
- Memiliki tanah yang sangat subur dan kaya akan sumber daya alam.

Post a Comment for "Contoh Soal PPKn Kelas 8 Bab Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan (PPKn Kelas VIII SMP/MTs)"