Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Essay Biologi dan Jawabannya Bab Metabolisme Sel (Biologi Kelas 12 SMA/MA Program IPA)

Contoh Soal Essay Biologi dan Jawabannya Bab Metabolisme Sel (Biologi Kelas 12 SMA/MA Program IPA). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda contoh soal mata pelajaran Biologi dan jawaban atau pembahasannya untuk kelas 12 (XII) SMA dan MA Bab Metabolisme Sel. Silahkan dibaca-baca, dipelajari, semoga bermanfaat.
Contoh soal mata pelajaran Biologi dan jawaban atau pembahasannya untuk kelas 12 (XII) SMA dan MA Bab Metabolisme Sel

1. Jelaskan perbedaan anabolisme dengan katabolisme!

Jawaban:

Anabolisme merupakan proses pembentukan molekul-molekul sederhana menjadi molekulmolekul yang lebih kompleks dengan menggunakan sejumlah energi. Sementara itu, katabolisme merupakan proses pemecahan molekul-molekul kompleks menjadi molekulmolekul yang lebih sederhana dengan menghasilkan sejumlah energi.

2. Bagaimana asam piruvat dapat masuk siklus Krebs?

Jawaban:

Asam piruvat dapat masuk ke siklus Krebs melalui reaksi pembentukan Asetil Co-A (reaksi transisi). Pada reaksi ini asam piruvat dikonversi menjadi gugus asetil yang bergabung dengan Co-enzim A membentuk asetil Co-A dan melepaskan CO2.

3. Jelaskan mengenai fotosistem!

Jawaban:

Fotosistem merupakan rangkaian fungsional pigmen penyerap cahaya pada membran tilakoid. Fotosistem ada 2 macam, yaitu Fotosistem I dan Fotosistem II. Fotosistem I terdiri atas klorofil dan pigmen tambahan yang menyerap kuat energi cahaya dengan panjang gelombang 700 nm (P700). Sementara itu, Fotosistem II terdiri atas klorofil yang menyerap kuat energi cahaya dengan panjang gelombang 680 nm (P680).

4. Jelaskan perbedaan kemosintesis dengan fotosintesis!

Jawaban:
Perbedaan kemosintesis dengan fotosintesis
perbedaan kemosintesis dengan fotosintesis

5. Apakah fotorespirasi itu? Mengapa fotorespirasi menurunkan efisiensi fotosintesis pada tanaman C3?

Jawaban:

a. Fotorespirasi adalah pemecahan senyawa antara dalam siklus Calvin menjadi CO2 dan H2O.
b. Fotorespirasi dapat mengurangi efisiensi fotosintesis pada tanaman C3 karena
banyak menghilangkan senyawa antara (RuBP) yang dipakai dalam siklus Calvin.

6. Bagaimana proses fermentasi terjadi di dalam sel otot? Jelaskan!

Jawaban:

Sel otot melakukan fermentasi asam laktat ketika tubuh membutuhkan energi yang besar dalam waktu singkat. Misalnya pada atlet lari cepat, saat berlari membutuhkan oksigen yang sangat besar. Dengan oksigen yang banyak, asam piruvat akan masuk siklus Krebs seperti kondisi normal sehingga pembentukan ATP juga besar. Namun, ketika oksigen dalam tubuh menjadi berkurang akibat aktivitas lari tersebut, maka asam piruvat akan diubah menjadi asam laktat. Laktat merupakan racun bagi sel, sehingga laktat yang terbentuk dalam sel otot akan dibawa keluar oleh darah menuju hati.

7. Jelaskan hubungan antara fotosintesis dan respirasi yang terjadi pada tumbuhan.

Jawaban:

Hubungan antara fotosintesis dan respirasi. Pada proses fotosintesis, diperlukan karbon dioksida (CO2) dan air (H2O). Karbon dioksida diperoleh dari hasil pernapasan makhluk hidup. 
Hasil proses fotosintesis berupa karbohidrat dan oksigen. Oksigen diperlukan makhluk hidup untuk respirasi.

Untuk soal Pilihan Ganda dan jawaban beserta latihan Soalnya bisa dibuka postingan yang berjudul berikut ini: Contoh Soal Pilihan Ganda + Latihan Soal Biologi Kelas XII SMA/MA Bab Metabolisme - <== Klik Saja.

Demikian contoh soal essay Biologi dan jawaban atau pembahasannya Bab Metabolisme. Semoga bermanfaat. Silahkan baca dan pelajari contoh-contoh soal lainnya.

Post a Comment for "Contoh Soal Essay Biologi dan Jawabannya Bab Metabolisme Sel (Biologi Kelas 12 SMA/MA Program IPA)"