Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Pengertian Negara ~ Soal PPKn Kelas 8 SMP/MTs

Jelaskan Pengertian Negara ~ Soal PPKn Kelas 8 SMP/MTs - Jawaban: Pengertian negara dapat dilihat dari segi bahasa dan istilah.

Secara bahasa istilah negara berasal dari bahasa Sanskerta “nagari” atau “nagara” yang berarti kota. Dalam bahasa Inggris negara disebut “state”, bahasa Belanda “staat”, bahasa Perancis “l’etat” dan bahasa Latin “statum”.

Secara istilah banyak sekali pengertian tentang apa itu negara, diantaranya seperti ditulis oleh M Solly Lubis dalam bukunya Ilmu Negara (1981: 9) yang mengutip pendapat para pakar tentang pengertian negara tersebut. Berikut ini pendapat-pendapat mereka:

a) Soenarko, negara adalah organisasi masyarakat yang mempunyai wilayah tertentu dan kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan.

b) Logemann, negara adalah organisasi kemasyarakatan yang dengan kekuasaannya bertujuan mengatur dan menyelenggarakan masyarakat.

c) Harold J. Laski, negara itu adalah satu persekutuan manusia yang mengikuti jika perlu dengan tindakan paksaan.

d) Woodrow Wilson, negara adalah rakyat yang terorganisasi untuk hukum dalam wilayah tertentu.

Dari pengertian tersebut secara sederhana negara dapat kita artikan sebagai sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan, baik kedaulatan kedalam maupun kedaulatan keluar.

Post a Comment for "Jelaskan Pengertian Negara ~ Soal PPKn Kelas 8 SMP/MTs"