Soal PAIBP Kelas 10 BAB VI Meniti Hidup dengan Kemuliaan (PAIBP kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK)

0

Soal PAIBP Kelas 10 BAB VI Meniti Hidup dengan Kemuliaan (PAIBP kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK). Pembaca Ustadzmu.com, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya yang masih berada di kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK Contoh Soal dan Jawabannya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kurikulum 2013. Kali ini kita bahasa Bab VI Contoh Soal PAIBP Kelas X dan Jawabannya BAB VI Meniti Hidup dengan Kemuliaan, yaitu Menganalisi Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt/49:10 yang membahas tentang Hidup Mulia dengan Pengendalian Diri (Mujāhadah an-Nafs), Hidup Mulia dengan Prasangka Baik (Husnudhan), dan Hidup Mulia dengan Persaudaraan (ukhuwwah). Silahkan dibaca, dipelajari, semoga bermanfaat. Dan....jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Karena berbagi itu keren, sharing is caring, sharing alias berbagi tak akan membuatmu jadi bodoh. Semangat belajar, semoga diberi kemudahan.

Soal PAIBP Kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK BAB VI Meniti Hidup dengan Kemuliaan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian pengendalian diri dan sebutkan contohnya!

Jawaban:
Pengendalian diri atau kontrol diri (Mujāhadah an-Nafs) adalah menahan diri dari segala perilaku yang dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain, seperti mengendalikan diri dari sifat serakah atau tamak.

2. Jelaskan pengertian husnudhan dan apa hubungannya dengan suudhan!? Sebutakan pembagian husnudhan!

Jawaban:
Prasangka baik atau ĥusnużżan berasal dari kata Arab, yaitu ĥusnu yang artinya baik, dan żan yang artinya prasangka. Jadi, prasangka baik atau positive thinking dalam terminologi Islam dikenal dengan istilah ĥusnużżan. 
Istilah ĥusnużżan adalah sikap orang yang selalu berpikir positif terhadap apa yang telah diperbuat oleh orang lain.

Lawan dari sifat ini adalah buruk sangka (su’użżan), yaitu menyangka orang lain melakukan hal-hal buruk tanpa adanya bukti yang benar.
Dalam ilmu akhlak, ĥusnużżan dikelompokkan ke dalam tiga bagian, yaitu ĥusnużżan kepada Allah Swt. ĥusnużżan kepada diri sendiri, dan ĥusnużżan kepada orang lain.

3. Jelaskan maksud persaudaraan (ukhuwwah) dalam Islam!

Jawaban:
Persaudaraan (ukhuwwah) dalam Islam dimaksudkan bukan sebatas hubungan kekerabatan karena faktor keturunan, tetapi yang dimaksud dengan persaudaraan dalam Islam adalah persaudaraan yang diikat oleh tali aqidah (sesama muslim) dan persaudaraan karena fungsi kemanusiaan (sesama manusia makhluk Allah Swt.). Kedua persaudaraan tersebut sangat jelas dicontohkan oleh Rasulullah saw., yaitu mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan kaum Anșar, serta menjalin hubungan persaudaraan dengan suku-suku lain yang tidak seiman dan melakukan kerja sama dengan mereka.

4. Sebutkan contoh perilaku yang mencerminkan sikap pengendalian diri baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat sekitar, hingga masyarakat dunia!

Jawaban:
- Bersabar dengan tidak membalas terhadap ejekan atau cemoohan teman yang tidak suka terhadap kamu
- Memaafkan kesalahan teman dan orang lain yang berbuat “aniaya” kepada kita.
- Ikhlas terhadap segala bentuk cobaan dan musibah yang menimpa, dengan terus berupaya memperbaiki diri dan lingkungan.
- Menjauhi sifat dengki atau iri hati kepada orang lain dengan tidak membalas kedengkian mereka kepada kita
- Mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan Allah Swt. kepada kita, seta tidak merusak nikmat tersebut. Seperti menjaga lingkungan agar selalu bersih, menjaga tubuh dengan merawatnya, berolahraga, mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, dan sebagainya.

5. Sebutkan contoh perilaku yang mencerminkan sikap ĥusnużżan, baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat sekitar, hingga masyarakat dunia!

Jawaban:
- Memberikan apresiasi atas prestasi yang 
dicapai oleh teman atau orang lain dalam bentuk ucapan atau pemberian hadiah.
- Menerima dan menghargai pendapat teman/orang lain meskipun pendapat tersebut berlawanan dengan keinginan kita.
- Memberi sumbangan sesuai kemampuan kepada peminta-minta yang datang ke rumah kita
- Turut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial baik di lingkungan rumah, sekolah, ataupun masyarakat
- Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan 
kepada kita dengan penuh tanggung jawab.

6. Sebutkan contoh perilaku yang mencerminkan sikap persaudaraan, baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat sekitar, hingga masyarakat dunia!

Jawaban:
- Menjenguk/mendoakan/membantu teman/orang lain yang sedang sakit atau terkena musibah
- Mendamaikan teman atau saudara yang berselisih agar mereka sadar dan kembali bersatu
- Bergaul dengan orang lain dengan tidak memandang suku, bahasa, budaya, dan agama yang dianutnya
- Menghindari segala bentuk permusuhan, tawuran, ataupun kegiatan yang dapat merugikan orang lain.
- Menghargai perbedaan suku, bangsa, agama, dan budaya teman/orang lain.

7. Jelaskan secara singkat isi kandungan Q.S. al-Ḥujurāt/49:10!

Jawaban:
Dalam Q.S. al-Ḥujurāt/49:10 kita diperintahkan oleh Allah Swt. agar senantiasa menjaga dan menciptakan perdamaian, memberikan nasihat kebaikan, dan mendamaikan perselisihan saudara dengan saudara yang lain. 

8. Jelaskan secara singkat isi kandungan Q.S. al-Ḥujurāt/49:12!

Jawaban:
Dalam Q.S. al-Ḥujurāt/49:12 dijelaskan perintah agar kita berprasangka baik (ĥusnużżan) kepada setiap orang, kita pun diperintahkan menghindari dan menjauhkan diri dari berburuk sangka kepada sesama saudara kita, karena berburuk sangka akan merusak keimanan dan merusak persaudaraan.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)