Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman PAIBP Kelas 10 Bab 2 Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri (PAIBP Kelas X SMA/MA/SMK/MAK)

Rangkuman PAIBP Kelas 10 Bab 2 Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri (PAIBP Kelas X SMA/MA/SMK/MAK). Pembaca Ustadzmu.com, untuk merefresh materi yang sudah diberikan, kita perlu membaca lagi materi yang sudah disampaikan atau diberikan oleh Bapak/Ibu guru. Tapi karena banyaknya materi yang diberikan, sering membuat kita malas untuk membaca.

Rangkuman PAIBP Kelas 10 Bab 2 Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri

Untuk mensiasati agar kita tidak malas membaca, diantaranya dengan membaca rangkuman materi pelajaran. Dengan membaca rangkuman materi pelajaran yang biasanya tidak terlalu panjang akan dapat membantu mengingat kembali bahkan ingatan kita terhadapat materi pelajaran yang telah lewat. Bahkan dengan membaca rangkuman dapat menguatkan ingatan kita akan materi yang telah berlalu.

Nah, berikut ini Ustadzmu sajikan Rangkuman Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti [PAIBP] Kelas X Bab 2 Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri (PAIBP Kelas X SMA/MA/SMK/MAK). Silahkan dibaca, semoga membantu dan memudahkan Anda dalam belajar PAIBP di kelas X. Jika kelak sudah naik ke jenjang yang lebih tinggi ke kelas X dan XI juga mempermudah untuk dibaca.

1. Menutup aurat adalah kewajiban agama yang ditegaskan dalam al-Qur’ān maupun hadis Rasulullah saw. 

2. Kewajiban menutup aurat disyari’atkan untuk kepentingan manusia itu sendiri sebagai wujud kasih sayang dan perhatian Allah Swt. terhadap kemaslahatan hamba-Nya di muka bumi.

3. Kewajiban bagi kaum mukminah untuk mengenakan jilbab untuk menutup auratnya kecuali terhadap beberapa golongan.

4. Dalam Q.S. al-Aĥzāb/33:39 ditegaskan perintah menggunakan jilbab dan memanjangkannya hingga ke dada, dengan tujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada setiap mukminah. Sementara yang tidak memiliki jilbab, dia bisa meminjamnya dari saudara seiman.

5. Hadis dari Ummu Aţiyyah berisi anjuran kepada setiap muslimah untuk menghadiri śalat ‘Īdul Fiţri dan ‘Īdul Adĥa meskipun sedang haid atau dipingit. 

6. Allah Swt. berfirman dalam Q.S. an-Nµr/24:31 untuk menjaga pandangan, memelihara kemaluan, dan tidak menampakkan aurat, kecuali kepada: suami, ayah suami, anak laki-laki suami, saudara laki-laki, anak laki saudara laki-laki, anak lelaki saudara perempuan, perempuan mukminah, hamba sahaya, pembantu tua yang tidak lagi memiliki hasrat terhadap wanita. 

7. Allah Swt. memerintahkan setiap mukmin dan mukminah di dua ayat ini untuk bertaubat untuk memperoleh keberuntungan

Uji Pemahaman 

Jawablah soal-soal berikut ini!

1. Tulislah salah satu ayat yang berhubungan dengan memanjangkan jilbab hingga ke dada lengkap dengan artinya.
2. Tulislah salah satu Hadis tentang batasan pakaian wanita lengkap dengan artinya.
3. Tuliskan beberapa manfaat menggunakan jilbab.
4. Sebutkan sikapmu yang harus ditunjukkan ketika terlihat oleh mata ada kemaksiatan.
5. Tuliskan 3 (tiga) dampak negatif akibat membuka aurat.

Demikian postingan Ustadzmu tentang Rangkuman PAIBP Kelas X Bab 2 Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri (PAIBP Kelas X SMA/MA/SMK/MAK). Jika bermanfaat, silahkan berbagi dengan yang lainnya dengan menekan/klik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Cukup tekan tombol share Facebook, Twitter, WhatsApp dan lainnya. Jangan hentikan ilmu ini di tangan Anda.

Post a Comment for "Rangkuman PAIBP Kelas 10 Bab 2 Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri (PAIBP Kelas X SMA/MA/SMK/MAK)"