Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untuk apa Allah Subhanahu wata’ala menciptakan kita?

Untuk apa Allah Subhanahu wata’ala menciptakan kita? Pembaca Ustadzmu, barangkali pernah terlintas dalam pikiran kita, atau pernah keluar dari mulut kita, atau juga pernah muncul pertanyaan dari orang lain "Untuk apa sebenarnya Allah menciptakan manusia?".
Tujuan penciptaan manusia, Tujuan Allah menciptakan manusia, Untuk apa Allah Subhanahu wata’ala menciptakan kita, Aqidah, Tauhid, Soal Jawab Aqidah

Dalam kesendirian barangkali pertanyaan tersebut pernah terlintas dalam benak Anda. Sungguh suatu pertanyaan yang luar biasa tentunya. Karena, dari pertanyaan tersebut muncul jawaban luar biasa juga. Dari pertanyaan tersebut hidup kita akan terarah dan ada tujuannya jika paham dan mengerti betul akan jawabannya.

Untuk apa Allah Subhanahu wata’ala menciptakan kita?

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah: Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan kita agar kita beribadah kepadaNya serta tidak menyekutukanNya dengan sesuatupun.

Dalil dari Al Quran sangat tegas menyebutkan:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالأِنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

Artinya:
"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah kepadaKu". (QS. Adz-Dzariyat: 56)

Dalam Hadits riwayat imam Bukhari dan Muslim disebutkan

حق الله على العباد أن يعبدوه ولا يشركوا به شيئاً

Artinya:
"Hak Allah Subhanahu wa ta’ala atas hambaNya itu adalah bahwa mereka menyembahNya dan tidak menyekutukanNya dengan sesuatu pun" (Muttafaq 'Alaih)

Ibadah adalah segala sesuatu yang mencakup apa saja yang dicintai dan diridhai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, baik berupa perkataan maupun perbuatan, yang tidak tampak (batin) maupun yang tampak kelihatan (lahir). Dan sebagaimana kita ketahui, ibadah itu ada yang mahdhah (ibadah yang tata caranya sudah dirinci, kita tidak boleh membuat-buat sendiri) seperti shalat, puasa Ramadhan, haji, dan lain-lain. Dan ada ibadah ghairu mahdhah (ibadah yang tata caranya tidak ada rincian langsung harus begini dan begitu).

Demikian jawaban atas pertanyaan Untuk apa Allah Subhanahu wata’ala menciptakan kita? Semoga bermanfaat. Hidup kita menjadi terarah. Karena tujuan hidup kita tiada lain hanya untuk beribadah/mengabdi kepada Allah Ta'ala. Wallahu a'lam bisshowaab.

Post a Comment for "Untuk apa Allah Subhanahu wata’ala menciptakan kita?"