Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir (Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir (Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk anda Rangkuman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas XII SMA/MA/SMK/MAK. Rangkuman kali ini berisi materi pelajaran PAIBP Kelas 12 Bab 1 tentang Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir.
Rangkuman PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Rangkuman PAIBP Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir (Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)

1. Hari Akhir adalah hari kiamat yang diawali dengan pemusnahan alam semesta. Semua manusia, sejak zaman dari Nabi Adam a.s sampai terjadinya hari akhir akan dibangkitkan untuk mendapatkan balasan semua amal perbuatan mereka.

2. Iman kepada Hari Akhir adalah percaya dengan penuh keyakinan adanya hidup yang kekal abadi di akhir kelak.

3. Setelah alam semesta hancur secara total dan kehidupan semua makhluk Allah Swt. berakhir, maka mulailah manusia menjalankan tahapan kehidupan baru dan proses menuju alam baqa’. Tahapan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: Yaumul Ba’ats, Yaumul Hasyr, Buku Catatan, Yaumul Hisab, Mizan, Sirat, Yaumul Jaza’, balasan amal baik surga, dan balasan amal buruk neraka.

4. Beriman kepada Hari Akhir akan menumbuhkan rasa tanggung jawab yaitu merasa bahwa hidup di dunia ini hanya bersifat sementara saja. Cepat atau lambat semua manusia pasti akan kembali kepada Allah Swt. dan semua perbuatan mereka selama hidup di dunia akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Swt. Dengan demikian, hidup yang dijalaninya akan ditempuh dengan penuh kehati-hatian, serta sikap dan perilaku yang sesuai dengan tuntunan agama.

5. Mengimani Hari Akhir membuat manusia sadar bahwasanya manusia itu lemah dan kerdil di hadapan Allah Swt. Kesadaran ini diharapkan dapat menghilangkan sikap takabur, sombong, egois, dengki, dan penyakit hati lainnya. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir (Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK). Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Post a Comment for "Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir (Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)"