Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Mengapa Orang Suka Bermain Video Game, Kamu Termasuk yang Mana?

Alasan Mengapa Orang Suka Bermain Video Game, Kamu Termasuk yang Mana? Berkembangnya teknologi terutama komputer dan telepon genggam semakin menarik konsumen untuk membeli dan memiliki. Tawaran berbagai spek yang menggiurkan menjadikan para penggunanya rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit agar bisa memiliki teknologi yang terus mengalami perkembangan tersebut. Tak terkecuali bagi para game mania alias para gamer.
Alasan orang suka bermain game, alasan orang perlu bermain game, ciri-ciri orang kecanduan game, dan alasan orang suka melihat orang lain bermain game

Di bumi ini, bisa dilihat, para pengguna berbagai macam game sangatlah banyak. Bukti sederhana bisa dilihat langsung lewat aplikasi Google playstore. Ketik saja game apapun namanya di kotak pencarian, setelah ketemu, lihat berapa banyak yang mengunduh game tersebut. Itu baru dari pengguna smartphone yang kian hari terus mengalami perkembangan teknologinya. Belum yang menggunakan komputer, laptop, dan sejenisnya. Bahkan para gamer tak segan-segan untuk merogoh kocek yang dalam untuk membeli komputer atau laptop dengan spek mumpuni guna memenuhi kepuasan bermain gamenya.

Suka atau bahkan kecanduannya orang dari tingkat umur rendah sampai sudah usia "bangkotan" tentu ada berbagai alasannya. Dan penyebab atau alasan suka bermain game besar kemungkinan bermacam-macam.

Terus apa alasan orang suka bermain game? Video game maksudnya.

Alasan Orang Suka Bermain Game

Menurut merdeka.com, ada beberapa alasan yang menyebabkan orang suka bermain game, diantaranya:

1. Merasa menjadi orang lain.
Pada otak manusia, terdapat sebuah jaringan yang bernama neuron cermin. Sel ini membuat manusia dapat merasa menjadi orang lain dan merasakan pengalaman yang dialaminya. Dalam bermain game, sel ini bekerja dan berpengaruh terhadap emosi manusia seakan dirinya yang sedang menjadi tokoh dalam game tersebut. Jika dalam game tersebut Anda menjadi seorang tokoh yang menyelamatkan dunia, maka rasa bangga dan akan muncul bahwa Anda benar-benar sudah menyelamatkan dunia.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Dalam game terdapat level atau tingkatan dalam permainan. Semakin tinggi level dan Anda capai dan selesaikan, maka akan muncul rasa puas dari diri Anda. Rasa puas dan kebanggaan dari game ini dapat membuat rasa percaya diri yang Anda miliki jadi meningkat.

3. Melepaskan stres

Banyak orang tidak dapat melampiaskan stres yang mereka alami ke dunia nyata. Dengan bermain video game, seseorang dapat mengurangi stres ataupun melupakannya untuk sejenak. Ketika seseorang sudah terhubung dengan permainan, maka orang itu sudah berada di dunia yang berbeda. Itulah mengapa banyak video game dengan unsur kekerasan cukup laris, karena menjadi sarana pelampiasan stres yang dimiliki oleh manusia.

4. Meningkatkan jumlah dopamin

Dopamin adalah zat kimia yang muncul ketika seseorang mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Ketika bermain video game, tubuh memproduksi dopamin lebih banyak dan menimbulkan efek kecanduan untuk terus bermain.

5. Sebagai pelarian

Banyak orang suka bermain video game karena mereka terlalu takut untuk menghadapi dunia nyata. Seseorang yang kesepian atau banyak menghadapi masalah dalam hidupnya cenderung lebih banyak bermain video game karena mereka takut menghadapi dunia nyata dan ingin berada di dunia tempat mereka dapat menjadi orang lain. Selain itu video game juga dapat digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat mereka gunakan di dunia nyata.

Alasan Orang Perlu Bermain Game

Terus apa alasan orang perlu juga butuh hiburan  bermain game? Menurut today.line.me, ada beberapa alasan orang perlu bermain game. Berikut ini alasannya:
1. Meningkatkan Kerjasama Tim
2. Meningkatkan Interaksi Sosial
3.  Meningkatkan Kemampuan Motorik
4. Membantu Proses Pembelajaran
5. Kemampuan Mengambil Keputusan 25% Menjadi Lebih Cepat
6. Mengajarkan Kegagalan
7. Meningkatkan Mood, Mengurangi Stress dan Depresi

Ciri-ciri Pecandu Game

Laman womantalk.com melansir, menurut The American Psychiatric Association, seseorang bisa disebut sebagai pecandu game jika sudah memenuhi lima atau lebih dari sembilan kriteria. Sedangkan, selama enam bulan penelitian, hanya sembilan orang yang akhirnya bisa disebut sebagai pecandu game.

Jika ingin tahu apakah orang terdekat Anda adalah seorang pecandu game atau tidak, simak kriteria dari The American Psychiatric Association berikut.

1.Terobsesi 
2. Menarik diri, meski saat tidak bermain game 
3. Memiliki toleransi, hanya saat bermain game 
4. Gagal berhenti menjadi pecandu game meski sudah mencoba 
5. Kehilangan minat pada aktivitas lain 
6. Terus bermain game walaupun tahu menganggu orang lain 
7. Berbohong mengenai waktu yang dihabiskan bermain game 
8. Bermain game untuk menghilangkan kecemasan atau rasa bersalah 
9. Berani ambil risiko, seperti dalam hubungan, hanya karena game

Menariknya, ada orang yang suka bermain game tapi ada juga orang yang suka melihat orang lain bermain game. Terus, apa alasan ada orang yang suka melihat orang lain bermain game. Berikut ini alasan orang suka nonton orang lain main game
1. Tidak Mampu memainkan Game Tersebut Sendiri
2. Melihat Gameplay Sebelum Memainkannya
3. Hanya Ingin Mengetahui Jalan Cerita Saja
4. Mendukung Content Creator Idolanya

Nah, itu berbagai pernak-pernik ulasan tentang alasan orang suka bermain game, alasan orang perlu bermain game, ciri-ciri orang kecanduan game, dan bahkan alasan orang suka melihat orang lain bermain game. Anda atau saudara dan teman Anda termasuk yang mana?

Sumber:

Post a Comment for "Alasan Mengapa Orang Suka Bermain Video Game, Kamu Termasuk yang Mana?"