Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 5 Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 5 Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IX SMP/MTs. Pada postingan kali ini kami sajikan rangkuman Bab 5 Semester 1 yang membahas tentang Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan.
Rangkuman IPA kelas 9 SMP dan MTs, Rangkuman IPA kelas IX SMP dan MTs, Rangkuman IPA kelas 9 SMP dan MTs bab Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan

Silahkan dibaca dan dipelajari. Semoga memudahkan adik-adik khususnya yang masih duduk di kelas 9 SMP/MTs untuk belajar IPA sehingga kelas lulus dengan nilai yang memuaskan. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media di bawah rangkuman ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, atau yang lainnya. Selamat membaca dan selamat belajar.

1. Listrik statis terjadi akibat adanya perbedaan muatan listrik. 
Muatan listrik sejenis (positif dengan positif atau negatif dengan negatif) bersifat tolak menolak. Muatan listrik yang berbeda (positif dengan negatif) bersifat tarik menarik. Besarnya gaya tolak atau gaya tarik kedua muatan listrik dapat dihitung dengan menggunakan persamaan hukum Coulomb.

2. Medan listrik adalah daerah yang masih dipengaruhi oleh gaya listrik suatu muatan listrik.

3. Potensial listrik merupakan usaha yang diperlukan untuk memindahkan elektron dari satu titik ke titik lainnya yang jauhnya tak terhingga (jarak tidak berpengaruh).

4. Muatan listrik negatif terdapat di dalam sel saraf dan muatan listrik positif terdapat pada bagian luar sel saraf. Sel saraf dapat 
menghantarkan rangsang karena adanya muatan yang tarik menarik. Tarik-menarik muatan listrik pada saraf terjadi bila terdapat rangsangan dari neurotransmitter. 

5. Berdasarkan kemampuan bahan untuk menghantarkan arus listrik, bahan digolongkan menjadi konduktor, semikonduktor,  dan isolator.

6. Besar hambatan listrik suatu kawat dipengaruhi oleh hambat jenis kawat, panjang kawat, dan luas penampang kawat.

7. Hewan tertentu dapat menghasilkan listrik, misalnya ikan belalai gajah, ikan pari elektrik, hiu kepala martil, echidnas, belut listrik, lele elektrik.

8. Arus litrik mengalir karena adanya perbedaan potensial listrik

9. Rangkaian listrik terdiri 2 jenis, yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel.

10. Energi listrik dapat dirubah menjadi energi lain, misalnya kipas angin yang mampu merubah energi listrik menjadi energi gerak. 
Sebaliknya, energi lain dapat diubah menjadi energi gerak, misalnya energi kimia pada akumulator (accu) dapat dirubah menjadi energi listrik

11. Sumber energi listrik alternatif diperoleh dari sumber energi yang berlimpah di alam, misalnya berasal dari energi matahari, energi angin, energi air, bioenergi, dan nuklir

Post a Comment for "Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 5 Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan"