Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asbabun Nuzul Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 80

Asbabun Nuzul Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 80


{وَقَالُوا لَنْ تَمَسَّنَا النَّارُ إِلا أَيَّامًا مَعْدُودَةً قُلْ أَتَّخَذْتُمْ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدًا فَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ عَهْدَهُ أَمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ (80) }



Artinya: Dan mereka berkata, "Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja." Katakanlah, "Sudahkah kalian menerima janji dari Allah sehingga tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kalian hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kalian ketahui?"


Asbabun Nuzul Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 80



Ath-Thabrani meriwayatkan dalam kitab al-Mu'jam al-Kabiir, begitu pula dengan Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim dari jalur Ibnu Ishaq, dari Muhammad bin Abi Muhammad, dari Ikrimah atau Sa'id bin Jubair, dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Rasulullah tiba di Madinah dan ketika itu orang-orang Yahudi berkata, 'Sesungguhnya usia dunia adalah tujuh ribu tahun. Dan sesungguhnya manusia disiksa dalam neraka selama satu hari menurut perhitungan akhirat yang sama dengan seribu tahun dalam hitungan dunia. Maka siksaan itu hanyalah tujuh hari. Kemudian siksaan pun berhenti.' Maka Allah berfirman berkenaan dengan hal itu, 'Dan mereka berkata, 'Api neraka tidak akan menyentuh kami...' sampai firman-Nya. '...Mereka kekal di dalamnya.' (Al-Baqarah: 80)."


Ibnu Jarir meriwayatkan dari jalur adh-Dhahhaak, dari Ibnu Abbas, bahwa orang-orang Yahudi berkata, "Kami tidak akan masuk neraka kecuali hanya memenuhi sumpah Allah. Yaitu selama empat puluh hari, sesuai dengan waktu ketika kami menyembah patung sapi. Setelah itu siksaan pun berhenti." Maka turunlah ayat tersebut. Ibnu Jarir juga meriwayatkan dari Ikrimah dan lainnya.

Post a Comment for "Asbabun Nuzul Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 80"