Surat An-Naba Ayat 1-40

0
Surat An-Naba Ayat 1-40. Surah An-Naba’ (Arab: النّبا , "Berita Besar") adalah surah ke-78 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 40 ayat. Dinamakan An Naba’ yang berarti berita besar di ambil dari kata An Naba´ yang terdapat pada ayat 2 surat ini. Dinamai juga surat 'Amma yatasaa aluun diambil dari perkataan 'Amma yatasaa aluun yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

عَمَّ يَتَساءَلُونَ (1) عَنِ النَّبَإِ الْعَظِيمِ (2) الَّذِي هُمْ فِيهِ مُخْتَلِفُونَ (3) كَلاَّ سَيَعْلَمُونَ (4)ثُمَّ كَلاَّ سَيَعْلَمُونَ (5) أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهاداً (6) وَالْجِبالَ أَوْتاداً (7) وَخَلَقْناكُمْ أَزْواجاً (8) وَجَعَلْنا نَوْمَكُمْ سُباتاً (9) وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ لِباساً (10) وَجَعَلْنَا النَّهارَ مَعاشاً (11) وَبَنَيْنا فَوْقَكُمْ سَبْعاً شِداداً (12) وَجَعَلْنا سِراجاً وَهَّاجاً (13) وَأَنْزَلْنا مِنَ الْمُعْصِراتِ مَاءً ثَجَّاجاً (14) لِنُخْرِجَ بِهِ حَبًّا وَنَباتاً (15) وَجَنَّاتٍ أَلْفافاً (16)

BismillaaHir rohmaanir rohiim

1. 'Amma yatasaaaaa-aluuuuuun.
2. 'Aninn naba-il 'azhiiiiiim.
3. Alladzii Hum fiiHi mukhtalifuuuuuun.
4. Kallaa saya'lamuuuuuun.
5. Tsumma kallaa saya'lamuuuuuun.
6. Alam naj'alil Ardhi miHaadaa.
7. Wal jibaala autaadaa.
8. Wa kholaqnaakum azwaajaa.
9. Wa ja'alnaa naumakum subaataa.
10. Wa ja'alnal laila libaasaa.
11. Wa ja'alnan naHaaro ma'aasyaa.
12. Wa banaynaa fauqokum sab'an syidaadaa.
13. Wa ja'alnan siroojaw waHHaajaa.
14. Wa anzalnaa minal mu'shirooti maaaaa-an tsajjaajaa.
15. Linukhrija biHii habbaw wa nabaataa.
16. Wa jannaatin alfaafaa.

Artinya:

"Tentang apakah mereka saling bertanya? Tentang berita yang besar, yang mereka perselisihkan tentang ini. Sekali-kali tidak; kelak mereka akan mengetahui, kemudian sekali-kali tidak; kelak mereka akan mengetahui. Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? Dan gunung-gunung sebagai pasak? Dan Kami jadikan kalian berpasang-pasangan, dan Kami jadikan tidur kalian untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan, dan Kami bangun di atas kalian tujuh buah (langit) yang kokoh, dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari), dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah, supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan, dan kebun-kebun yang lebat."

Bersambung insyaaAllah.

Asbabun Nuzul (ayat 1-2)

Ibnu Jarir dan Ibnu Hatim meriwayatkan dari al-Hasan yang berkata, "ketika Muhammad saw. diutus sebagai rasul mereka (orang-orang kafir) bertanya tentang berita yang dibawa rasul (Qiyamah). Allah lalu menurunkan Ayat ini QS. An-Naba 78 ayat 1, 2).


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)