Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keluar Darah Saat Shalat apa Membatalkan Shalat?

Keluar Darah Saat Shalat apa Membatalkan Shalat? Ustadz, jika sedang shalat tiba-tiba keluar darahnya, seperti darah karena jerawat. Garuk-garuk jerawat sampai keluar darah misalnya. Atau karena hal lainnya. Apakah menyebabkan shalat menjadi batal?
Keluar darah saat shalat, Keluar darah saat shalat apakah membatalkan shalat, keluar darah. Apakah membatalkan wudhu

Jawaban Ustadzmu:
Alhamdulillah wahdah, wash-sholaatu was salaamu' rosuulillaah. Wa ba'd.

Saudaraku penanya, semoga Allah senantiasa menunjukkan kita ke jalan yang lurus.

Mengenai apa yang saudara tanyakan, pernah Lajnah Daimah Saudi Arabia di mtanya dengan pertanyaan:
Saya ingin mendapatkan pengetahuan tentang permasalahan darah. Apakah darah membatalkan shalat?

Berikut Jawaban dari Lajnah Daimah:

Segala puji semata-mata bagi Allah dan semoga salawat dan salam dilimpahkan kepada utusan-Nya صلی الله عليه وسلم, keluarganya dan para sahabatnya.

Selanjutnya, kami tidak mengetahui dalil yang menyatakan tentang keluarnya darah dari selain bagian tubuh yang pribadi (kemaluan) dapat membatalkan wudhu, dan prinsip dasarnya adalah bahwa darah yang keluar dari selain kemaluan adalah tidak membatalkan.

Pelaksanaan shalat dalilnya adalah berdasarkan al-quran dan sunnah. Jadi tidak dibolehkan bagi seseorang untuk mengatakan bahwa pelaksanaan shalat adalah syah kecuali dengan dalil.

Dan sesungguhnya ada beberapa orang ulama memiliki pendapat bahwa keluarnya darah dalam jumlah yang banyak dari bagian tubuh yang bukan kemaluan adalah membatalkan wudhu. Jadi jika seseorang yang mengeluarkan darah kemudian mengulang wudhunya karena bersikap hati-hati dan untuk menghindari perbedaan pendapat maka ini adalah (sesuatu yang) baik. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah صلی الله عليه وسلم :"Tinggalkanlah sesuatu yang menyebabkan kamu ragu sehingga tidak menimbulkan keraguanmu." (HR. An-Nasaa'i dan At-Tirmidzi)

Semoga Allah melimpahkan Taufiq-Nya dan semoga salawat dan salam tercurahkan buat Rasulullah Muhammad صلی الله عليه وسلم, keluarganya dan para sahabatnya.

Wallahu a'lam bisshowaab

Rujukan:
fatwaislam.com

Post a Comment for "Keluar Darah Saat Shalat apa Membatalkan Shalat?"