Rangkuman Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah ~ ustadzmu.com

0

Rangkuman Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah. Pembaca Ustadzmu.com, berikut ini Ustadzmu.com sajikan ringkasan atau rangkuman mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester 1 (ganjil). Kali ini ustadzmu.com sajikan Rangkuman Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah.

Rangkuman Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah

Pembahasan Kalimat Tayyibah pada Bab 1 ini dikhususkan pada pembahasan kalimat Subhanallah, Masyaallah, dan Allahu Akbar.

Rangkuman Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah


1. Kalimat Subhanallah disebut juga kalimat Tasbih, artinya Maha Suci Allah.


2. Hikmah mengucapkan kalimat Subhanallah adalah mendapat pahala dari Allah, membuat kita semakin dekat dengan Allah, makin dicintai Allah karena ucapan Subhanallah merupakan salah satu kalimat yang dicintaiNya, mempertebal keimanan kita kepada Allah, dan menjauhkan kita dari perbuatan syirik.


3. Masya Allah artinya Allah telah berkehendak akan hal itu


4. Kalimat Masya Allah diucapkan ketika melihat sesuatu atau kejadian yang indah maupun menakjubkan, Contohnya, ketika melihat bangunan yang indah dan megah, memasuki kebun yang cantik, teknologi yang canggih, prestasi yang membanggakan, fisik yang kuat, melihat bangunan yang indah dan megah, keindahan pemandangan alam, orang yang cantik atau tampan, serta mukjizat-mukjizat, dan karomah.


5. Allahu Akbar disebut juga bacaan takbir yang artinya Allah Maha Besar. 

Maksudnya tidak ada yang melebihi kebesaran Allah Swt. Sesuatu yang menurut pikiran manusia tidak mungkin terjadi, menjadi mungkin menurut Allah Swt.


6. Waktu yang tepat membaca kalimat tayyibah Allahu Akbar adalah ketika azan, iqomah, sholat, zikir setelah selesai mengerjakan sholat lima waktu, pada malam takbiran, dan peristiwa yang luar biasa


7. Hikmah membaca kalimat tayyibah Allahu Akbar adalah selalu mengingat kebesaran Allah dan terhindar dari sifat sombong


Demikian postingan Ustadzmu.com tentang Rangkuman Akidah Akhlak Kelas 4 Bab 1 Indahnya Kalimat Tayyibah. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)